8 Pola Tempat Duduk Siswa dalam Kelas
14/07/18
Add Comment
Oleh karenanya, pembelajaran kontekstual menuntut adanya kelas yang kondusif Di antara lingkungan kelas yang dibutuhkan adala pengaturan meja-kursi siswa, penataan sumber dan alat bantu belajar, dan penataan pajangan hasil karya siswa.
Terkait pengaturan tempat duduk, ada banyak pola yang dapat mendukung pembelajaran kontekstual atau PIAKEM. Pola tempat duduk ini tentunya berbeda dengan pengturan konvensional yang lebih mirip kursi bus kota atau bioskop. Setidaknya ada 8 Pola Tempat Duduk Siswa dalam Kelas untuk menunjang pembelajaran PAIKEM atau kontekstual.
Diharapkan dengan diuraikannya 8 Pola Tempat Duduk Siswa dalam Kelas pada postingan ini, dapat menginspirasi kepada guru sehingga dapat terwujud pembelajaran yang aktif dan kreatif.
8 Pola Tempat Duduk Siswa dalam Kelas
Berikut 8 pola tempat duduk siswa dalam kelas yang dapat menunjang pembelajaran kontekstual atau PAIKEM:
1. Formasi Huruf U
Melalui formasi ini, para peserta didik dapat melihat guru dan/atau melihat media visual dengan mudah dan mereka dapat saling berhadapan langsung satu dengan yang lain. Susunan ini ideal untuk membagi bahan pelajaran kepada peserta didik secara cepat karena guru dapat masuk dan berjalan ke berbagai arah dengan seperangkat materi.
2. Formasi Corak Tim
Guru mengelompokkan meja-meja setengah lingkaran di ruang kelas agar memungkinkan peserta didik untuk melakukan interaksi tim. Guru dapat meletakkan kursi-kursi mengelilingi meja-meja untuk susunan yang paling akrab. Jika hal ini dilakukan, beberapa peserta didik harus memutar kursi mereka melingkar menghadap ke depan ruang kelas untuk melihat guru, papan tulis atau layar.
3. Meja Konferensi
Formasi ini paling baik dilakukan jika meja berbentuk persegi panjang. Guru dapat membentuk sebuah susunan meja konferensi dengan menggabungkan beberapa meja kecil (di tengahnya biasanya kosong).
4. Formasi Lingkaran
Para peserta didik duduk pada sebuah Iingkaran tanpa meja atau kursi untuk melakukan interaksi berhadap-hadapan secara langsung. Formasi lingkaran ideal untuk diskusi kelompok penuh.
Jika guru menginginkan peserta didik memiliki tempat untuk menulis, hendaknya digunakan susunan peripheral, yakni meja ditempatkan di belakang peserta didik. Guru dapat menyuruh peserta didik memutar kursi-kursinya melingkar ketika guru menginginkan diskusi kelompok.
5. Formasi Kelompok untuk Kelompok
Susunan Formasi Kelompok untuk Kelompok memungkinkan guru untuk melakukan diskusi atau untuk menyusun permainan peran, berdebat atau observasi dari kreatifitas kelompok. Guru dapat meletakkan meja pertemuan di tengah-tengah yang dikelilingi oleh kursi-kursi pada sisi luar.
6. Pola Tempat Kerja (Workstation)
Susunan ini tepat untuk lingkungan tipe Iaboratorium, dimana setiap peserta didik duduk pada tempat untuk mengerjakan tugas (seperti mengoperasikan komputer, mesin, melakukan kerja laborat) tepat setelah didemonstrasikan. Tempat berhadapan mendorong patner belajar untuk menempatkan dua peserta didik pada tempat yang sama.
7. Pola Pengelompokan Terpisah (Breakout groupings)
Jika kelas cukup besar atau jika ruangan memungkinkan, guru dapat meletakkan meja-meja dan kursi dimana kelompok kecil dapat melakukan aktifitas belajar didasarkan pada tim. Guru dapat menempatkan susunan peoahan-pecahan kelompok saling berjauhan sehingga tim-tim itu tidak saling mengganggu. Tetapi hendaknya dihindari penempatan ruangan kelompok-kelompok kecil terlalu jauh dari ruang kelas, sehingga hubungan diantara peserta didik sulit dijaga.
8. Pola Chevron (huruf V)
Sebuah susunan ruang kelas tradisonal tidak memungkinkan untuk melakukan belajar aktif. Jika terdapat banyak peserta didik (tiga puluh atau lebih) dan hanya tersedia beberapa meja, barangkali guru perlu menyusun peserta didik dalam ruang kelas seperti huruf V. Susunan V mengurangi jarak antar peserta didik, pandangan lebih baik dan lebih memungkinkan untuk melihat peserta didik lain daripada harus lurus. Dalam susunan ini, tempat paling bagus ada pada pusat tanpa jalan tengah.
Sumber: inimadrasah.com
SILAHKAN DOWNLOAD JUGA:
Kumpulan Soal UN SMP dari Tahun ke Tahun... | ||||
---|---|---|---|---|
2009 | 2010 | 2011 | 2012 | 2013 |
2014 | 2015 | 2016 | 2017 | 2018 |
2019 | - | - | - | - |
Kumpulan Soal UN Lainnya | ||||
SD | SMA | SMK | - | - |
SILAHKAN DOWNLOAD JUGA:
Daftar Buku BSE SD, SMP, SMA, dan SMK | ||||
---|---|---|---|---|
SD/MI | SMP/MTs | SMA/MA | SMK/MAK | |
Kelas 1 | Kelas 4 | Kelas 7 | Kelas 10 | Kelas 10 |
Kelas 2 | Kelas 5 | Kelas 8 | Kelas 11 | Kelas 11 |
Kelas 3 | Kelas 6 | Kelas 9 | Kelas 12 | Kelas 12 |
Silahkan unduh daftar Kaldik 2019/2020:
SILAHKAN DOWNLOAD JUGA:
Soal UN SD dari tahun ke tahun... | ||||
---|---|---|---|---|
2010 | 2011 | 2012 | 2013 | 2014 |
2015 | 2016 | 2017 | 2018 | - |
Kumpulan Soal UN Lainnya | ||||
SMP | SMA | SMK | - | - |
SILAHKAN DOWNLOAD JUGA:
Berikut Soal SBMPTN dari tahun ke tahun... | ||||
---|---|---|---|---|
2009 | 2010 | 2011 | 2012 | 2013 |
2014 | 2015 | 2016 | 2017 | 2018 |
Kumpulan Soal UN Lainnya | ||||
SMP | SMA | SMK | SD | - |
SILAHKAN DOWNLOAD JUGA:
Soal UN SMA dari tahun ke tahun... | ||||
---|---|---|---|---|
2005 | 2006 | 2007 | 2008 | 2009 |
2010 | 2011 | 2012 | 2013 | 2014 |
2015 | 2016 | 2017 | 2018 | - |
Kumpulan Soal UN Lainnya | ||||
SD | SMP | SMK | - | - |
SILAHKAN DOWNLOAD JUGA:
- Kumpulan Soal Kompetisi Sains Madrasah (KSM) MI/MTs/MA
- Kisi-Kisi KSM 2018 MI, MTs, MA
- Soal KSM MI/MTs/MA Tahun 2013
- Soal KSM MI/MTs/MA Tahun 2014
- Soal KSM MI/MTs/MA Tahun 2015
- Soal KSM MA Tahun 2016
- Soal KSM MTs Tahun 2018
- Soal KSM MA Tahun 2018
- Kumpulan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD
- Kumpulan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSK, OSP, OSN) SMP
- Kumpulan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA
SILAHKAN DOWNLOAD JUGA:
SILAHKAN DOWNLOAD JUGA:
Terima kasih telah berkunjung di website GUDANG MADRASAH; Pusat Informasi Madrasah/Sekolah Terupdate [baca: Cara Mendownload]
SILAHKAN BAGIKAN...!!
Bacaan Pendidikan
0 Response to "8 Pola Tempat Duduk Siswa dalam Kelas"
Posting Komentar