Bentuk-Bentuk Penilaian dalam Kurikulum 2013 Terbaru
31/08/18
Add Comment
Pembahasan mengenai bentuk-bentuk penilaian dalam Kurtilas (K13) sangatlah penting. Hal ini karena banyak juga para guru tidak memahami istilah-istilah baru dalam Kurikulum 2013. Sebut saja PH (penilaian harian). Banyak yang tidak memahaminya, padahal istilah itu sama dengan UH yakni ulangan harian. Demikian pula ada anggapan bahwa dalam K13 tidak ada penilaian tengah semester, padahal itu pun keliru.
Jika kita membahas Bentuk – Bentuk Penilaian dalam Kurikulum 2013 Versi Revisi 2017 – 2018, maka kita akan dipaksa untuk mengkaji pula isi Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian dan Panduan Penilaian Oleh Pendidikan dan Satuan Pendidikan Pada Jenjang SMP terbitan tahun 2017.
Sesuai dengan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian, disebutkan bahwa penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Selanjutnya, penilaian hasil belajar oleh pendidik ini dilakukan dalam bentuk ulangan, pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan. Demikian pula penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk: a) mengukur dan mengetahui pencapaian kompetensi Peserta Didik; b) memperbaiki proses pembelajaran; dan c) menyusun laporan kemajuan hasil belajar harian, tengah semester, akhir semester, akhir tahun. dan/atau kenaikan kelas.
Adapun menurut Panduan Penilaian Oleh Pendidikan dan Satuan Pendidikan Pada Jenjang SMP terbitan tahun 2017, Penilaian hasil belajar oleh pendidik penilaian terdiri dari pelaksanaan penilaian harian (PH) dan penilaian tengah semester (PTS). Sedangkan Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan dalam bentuk penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian sekolah.
Dari dua peraturan di atas yakni Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian dan Panduan Penilaian oleh Pendidikan dan Satuan Pendidikan, maka akan diuraikan sebagai berikut:
A. Bentuk Penilaian oleh Pendidik
Berdasarkan Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pendidik, bentuk penilaian tediri atas dua jenis yaitu penilaian harian (PH) dan penilaian tengah semester (PTS).
1. Penilaian harian (PH)
Penilaian harian dilaksanakan setelah serangkaian kegiatan pembelajaran berlangsung sebagaimana yang direncanakan dalam RPP.
2. Penilaian tengah semester (PTS)
Penilaian tengah semester (PTS) merupakan kegiatan penilaian yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar mata pelajaran setelah kegiatan pembelajaran berlangsung 8-9 minggu. Cakupan PTS meliputi seluruh KD pada periode tersebut.
B. Bentuk Penilian oleh Satuan Pendidikan
Adapun penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh satuan pendidikan maka bentuk penilaian terbagi menjadi tiga jenis, yaitu penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian sekolah.
1. Penilaian Akhir Semester (PAS)
Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester gasal. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.
Hasil penilaian akhir semester selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan untuk program remedial, pengayaan, dan pengisian rapor.
2. Penilaian Akhir Tahun (PAT)
Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap saja, atau dapat merepresentasikan KD dalam kurun waktu satu tahun pelajaran (mencakup KD pada semester 1 dan semester 2).
Hasil penilaian akhir tahun selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan untuk program remedial, pengayaan, dan pengisian rapor.
3. Ujian Sekolah (US)
Ujian Sekolah (US) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan penyelesaian dari satuan pendidikan. Mata pelajaran yang diujikan adalah semua mata pelajaran yang diajarkan pada satuan pendidikan tersebut. Untuk beberapa mata pelajaran, ujian sekolah diselenggarakan dalam bentuk ujian tulis dan ujian praktik, namun beberapa mata pelajaran lain dilaksanakan dengan ujian tulis atau ujian praktik saja. Pengaturan tentang hal ini dan pelaksanaan secara keseluruhan diatur dalam POS Ujian Sekolah yang disusun oleh satuan pendidikan.
Hasil analisis ujian sekolah dipergunakan pendidik dan satuan pendidikan untuk perbaikan proses pembelajaran secara keseluruhan pada tahun pelajaran berikutnya. Hasil ujian sekolah dilaporkan satuan pendidikan kepada orang-tua peserta didik dalam bentuk surat keterangan hasil ujian (SKHU). Hasil ujian sekolah digunakan sebagai salah satu pertimbangan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.
SILAHKAN DOWNLOAD JUGA:
Kumpulan Soal UN SMP dari Tahun ke Tahun... | ||||
---|---|---|---|---|
2009 | 2010 | 2011 | 2012 | 2013 |
2014 | 2015 | 2016 | 2017 | 2018 |
2019 | - | - | - | - |
Kumpulan Soal UN Lainnya | ||||
SD | SMA | SMK | - | - |
SILAHKAN DOWNLOAD JUGA:
Daftar Buku BSE SD, SMP, SMA, dan SMK | ||||
---|---|---|---|---|
SD/MI | SMP/MTs | SMA/MA | SMK/MAK | |
Kelas 1 | Kelas 4 | Kelas 7 | Kelas 10 | Kelas 10 |
Kelas 2 | Kelas 5 | Kelas 8 | Kelas 11 | Kelas 11 |
Kelas 3 | Kelas 6 | Kelas 9 | Kelas 12 | Kelas 12 |
Silahkan unduh daftar Kaldik 2019/2020:
SILAHKAN DOWNLOAD JUGA:
Soal UN SD dari tahun ke tahun... | ||||
---|---|---|---|---|
2010 | 2011 | 2012 | 2013 | 2014 |
2015 | 2016 | 2017 | 2018 | - |
Kumpulan Soal UN Lainnya | ||||
SMP | SMA | SMK | - | - |
SILAHKAN DOWNLOAD JUGA:
Berikut Soal SBMPTN dari tahun ke tahun... | ||||
---|---|---|---|---|
2009 | 2010 | 2011 | 2012 | 2013 |
2014 | 2015 | 2016 | 2017 | 2018 |
Kumpulan Soal UN Lainnya | ||||
SMP | SMA | SMK | SD | - |
SILAHKAN DOWNLOAD JUGA:
Soal UN SMA dari tahun ke tahun... | ||||
---|---|---|---|---|
2005 | 2006 | 2007 | 2008 | 2009 |
2010 | 2011 | 2012 | 2013 | 2014 |
2015 | 2016 | 2017 | 2018 | - |
Kumpulan Soal UN Lainnya | ||||
SD | SMP | SMK | - | - |
SILAHKAN DOWNLOAD JUGA:
- Kumpulan Soal Kompetisi Sains Madrasah (KSM) MI/MTs/MA
- Kisi-Kisi KSM 2018 MI, MTs, MA
- Soal KSM MI/MTs/MA Tahun 2013
- Soal KSM MI/MTs/MA Tahun 2014
- Soal KSM MI/MTs/MA Tahun 2015
- Soal KSM MA Tahun 2016
- Soal KSM MTs Tahun 2018
- Soal KSM MA Tahun 2018
- Kumpulan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD
- Kumpulan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSK, OSP, OSN) SMP
- Kumpulan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA
SILAHKAN DOWNLOAD JUGA:
SILAHKAN DOWNLOAD JUGA:
Terima kasih telah berkunjung di website GUDANG MADRASAH; Pusat Informasi Madrasah/Sekolah Terupdate [baca: Cara Mendownload]
SILAHKAN BAGIKAN...!!
Info Pendidikan
0 Response to "Bentuk-Bentuk Penilaian dalam Kurikulum 2013 Terbaru"
Posting Komentar